Thursday 15 September 2016

CARA MENGATASI USB DEVICE NOT RECONIZED MUDAH

CARA MENGATASI USB DEVICE NOT RECONIZED MUDAH
 
ASALAMUALAIKUM 
SELAMAT MALAM SOB


Dari judul mungkin Anda pernah menemui macam kesalahan seperti itu saat Anda mencoba mencolokkan USB flashdisk pada komputer atau laptop Anda. Di tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan “Cara mengatasi Error Message” USB flashdisk.
Kesalahan error message atau kesalahan pesan seperti ini biasanya tampil saat Anda mencolok flashdisk atau perangkat tambahan melalui port USB. Kesalahan ini juga bisa tampil pada layar komputer saat Anda sedang bekerja dengan perangkat tambahan tersebut. Sebenarnya apa yang terjadi tiba-tiba tanpa kita ketahui hardware menjadi tidak berfungsi, dan jika kita mencoba lagi mencolokkan device melalui port USB tersebut, kesalahan macam itu muncul lagi. Apa gerangan yang terjadi?
Disini ada beberapa jawaban yang bervariatif. Anda bisa menentukan dan memilih sesuai dengan kemungkinan terdekat dengan kasus-kasus seperti ini yang kerap menyerang penguna komputer. Namun dalam tulisan ini, Anda baca dan pahami dan baca dulu sampai kebawah, untuk hal-hal yang ingin Anda lakukan, butuh ketelitian dan konsentrasi karena sedikit keteledoran bisa membuat sistem atau komponen lain bisa mengalami gangguan.
Permasalahannya seperti berikut ini:
1.      Permasalahan secara umum
Pada komputer PC dalam pemakaian port tambahan lain yang terdapat dalam casing ada perangkat rawan atau peka terhadap perubahan arus listrik dan gangguan listrik statis. Salah satu perangkat/device yang sering mengalami hal ini adalah port USB. Jika terjadi kebocoran arus sedikit saja pada casing komputer Anda. Jika saat terjadi kebocoran semacam ini, dan pada port terpasang salah satu perangkat seperti USB Flashdisk, maka bisa menyerang flashdisk dan meyebabkan flashdisk mengalami malfungsi. Begitu pula tanpa diduga ada pengaruh dari listrik statis pada lingkungan di seputar terminal USB. Hal ini bisa diperburuk lagi dengan keadaan kualitas casing yang tidak memenuhi stAndar keamanan grounding listrik.
Solusi:
  •  
  • Bebaskan CPU dari arus listrik apapun selama beberapa saat. Matikan komputer, cabut perangkat USB berikut semua kabel power yang masuk ke CPU dan monitor. Tunggu 10 menit hingga 30 menit, pasang kembali semua perangkat termasuk kabel-kabel ke power CPU, sebelum menyalakan komputer, bersihkan komponen yang terpasang di dalam casing disaat Anda menunggu waktu kira-kira 30-an menit tersebut. Anda bisa membersihkan perangkat hardware dari debu-debu yang lekat pada mainboard, VGA, memory dan lainnya, arti kata casing yang dibuka sekalian dibersihkan dengan sikat atau kuas, dengan hati-hati tanpa menekan komponen-komponen lain di dalamnya, jika tidak hati-hati mungkin bisa saja menambah kerusakan lain pada casing, untuk itu diperlukan kehati-hatian. Untuk sebagian permasalahan, cara ini terbukti ampuh. Terkadang port USB Anda ada yang longgar dan bisa juga sebab gagalnya deteksi hardware USB.
  • Jika hal pertama telah kita lakukan, tapi masih belum terdeteksi, jangan matikan komputer Anda, tapi cobalah masuk ke Device Manager untuk melakukan scan guna menemukan hardware baru atau informasi perubahan hardware. Untuk melakukannya, klik Start > Run > ketik: devmgmt.msc pada jendela Run, lalu OK/Enter.
Dari Menu Action, pilih “Scan for Hardwares Changes”. Pilihan ini akan mengaktifkan deteksi hardware Windows dalam proses menemukan perangkat baru yang terinstall atau terpasang. Setelah selesai, tutup semua Device Manager. Exit. Perhatikan apakah perangkat USB sudah berhail dideteksi.
  • Jika cara tersebut tidak berhasil, coba langkah berikut ini:
-      Disable fasilitas Power Management of the USB hub. Caranya, Start>Run>ketik devmgmt.msc lalu OK
-      Klik kanan pada USB Root Hub > klik Properties
-      Klik Tab Power Management
-      Hilangkan tanda centang pilihan pada check box “Allow the computer to turn off this Device to save power”. Akhiri dengan OK. Seperti gambar di bawah ini.





I








  •  
  • Klik OK
2.      Terjadi kesalahan Intalasi Driver
Saat perangkat USB dicolokan ke komputer (bahkan mungkin saat proses instalasi otomatis) driver USB tidak terinstal dengan baik.
Solusi:
  • Hilangkan semua Device yang tersembunyi (hidden) di Device Manager, caranya :
-      Klik Start>Run>ketik CMD pada jendela Run lalu OK
-      Ketik set DEMGR_SHOW_DETAIL=1? Dan diakhiri dengan ENTER.
-      Ketik set DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1? Dan akhiri dengan ENTER
-      Pada panel sebelah kiri, klik tAnda + untuk melihat isi Imaging devices, Uknownn Devices dan USB Devices.
-      Kembali ke Device Manager Klik View, lalu klik Show Hidden Devices.
-      Hasilnya akan ditampilkan device yang tersembunyi. Terlihat disana, apakah Anda menemukan USB Devices dan Uknown Device? (termasuk yang berwana abu-abu) jika iya, klik Kanan>Uninstall
3. Perangkat USB sebelumnya berjalan normal seperti biasanya. Namun, tiba-tiba saja tidak ada respon tanpa sebab yang jelas
Solusi:
  • Hapus semua file oem*.inf dengan cara :
-      Start>Run>ketik cmd pada jendela Run lalu OK
-      Dalam Command Line ketik baris perintah berikut dan akhiri dengan ENTER pada tiap akhir perintah:
Cd\windows\inf                              [ENTER]
ren infcache.1 *old                         [ENTER]
ren oem*.inf*.old                          [ENTER]
del C:\windows\setupapi.log  [ENTER]
  • Hapus semua entri registry dalam subkeys (Regedit) HKEY_LOCAL_MACHINE/Enum/USB. Yang dimulai dengan VID. Dengan menghapus entri VID dari registry, PC akan mendeteksi ulang perangkat keras (hardware) dan melakukan Restart. Perhatikan: jika Anda mengunakan keyboard atau mouse USB, janga Anda hapus entri VID, untuk perangkat tersebut bisa mengakibatkan Windows melakukan Restart dengan benar, ikuti langkah berikut ini
-      Klik Start>Run>ketik regedit dalam jendela Run, lalu OK
-      Masuk ke subkey atau bagian, HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Enum\USB



-     

Pilih dan hapus semua entri VID_ …. Seperti pada gambar dibawah.

Jika Anda mengalami masalah saat menghapus registry ini, Windows masih membatasi Permissions agar VID_ … tidak terhapus. Atasi dengan cara berikut :
-      Klik kanan pada Keys yang akan dihapus > pilih Permissions Selanjutnya Windows Permissions for the VID_… akan muncul.
-      Pilih semua check box dalam sesi Group atau Username, pilih Allow pada Full Control.
-      Klik Apply, dan akhiri dengan OK
-      Matikan atau Restart Komputer
  • Hubungkan kembali perangkat USB ke PC
-      Dengan kondisi komputer sedang keadaan tidak menyala atau mati, tancapkan perangkat USB pada Port USB
-      Restart komputer
-      Akan muncul dan mendeteksi ulang hardware dengan popup yang ditampilkan di tray taskbar “A New Hardware Detected”
  1. Perangkat USB sejak awal tidak terdeteksi dan berfungsi namun ditengah-tengah proses Anda mendapatkan pesan USB Device Not Recognized
Solusi :
  • Lihat setting-nya pada BIOS, untuk USB versi 2.0, apakah settingnya ter-disable-kan oleh sistem atau aplikasi yang pernah atau baru Anda instal, USB jadi ter-nonaktifkan oleh aplikasi yang pernah Anda instal atau pernah Anda instal sebelumnya. Cek lagi setting pada BIOS dan Enable-kan . *bisa saja hal seperti ini port USB Anda tidak terbaca oleh perangkat apapun yang Anda tancapkan.
  • Masih berhubungan dengan point diatas, jika Anda ingin melakukan karena masalah yang Anda hadapi, langkah pertama cek dulu setting untuk USB di BIOS, Enable-kan dari posisi Disable. Biasanya flashdisk atau perangkat lainnya akan terbaca, jika posisi yang ditemukan seperti yang dijelaskan diatas.
  • Coba gunakan kabel USB yang lebih pendek ukurannya atau tanpa kabel data sekalipun
  • Coba colokan perangkat USB tersebut ke port USB PC di bagian belakang. Terkadang Port USB di bagian depan Casing PC kekurangan catu daya sehingga menyebabkan perangkat mengalami error
  • Sejumlah perangkat USB 2.0 tidak kompatibel dengan Port USB 1.1. cobalah secara bergantian di Port USB 1.1 dan USB 2.0 untuk mengetahui apakah ini yang jadi masalah
  • Coba downgrade semua Port USB dari versi 2.0 ke versi 1.1, Anda dapat mengubah setting ini lewat BIOS
  • Coba Anda colokkan flashdisk lain atau perangkat lainnya ke komputer Anda, terdeteksi atau tidak. Jika terdeteksi, artinya flashdisk atau perangkat tambahan yang Anda miliki masih berfungsi, jadi kesalahan ada pada komputer Anda.
  • Coba Anda colokkan flashdisk atau perangkat tambahan milik Anda ke komputer lain atau laptop, terkoneksi atau tidak. Jika masih mengalami USB Flashdisk, berarti perangkat tersebut sudah mengalami gangguan pada komponennya
  • Setelah mencoba kedua hal ini terlebih dahulu, Anda bisa menarik kesimpulan, masalahnya terletak dimana, diperangkat USB atau Port USB Anda. Setelah Anda temukan letak masalahnya dimana Anda tinggal melakukan perbaikan. Kerusakan pada port USB di komputer PC, Anda bisa mencoba langkah-langkah yang telah dijelaskan seperti diatas. Jika masalahnya hanya pada flashdisk, berarti Anda membutuhkan flashdisk baru.

No comments :

Post a Comment